Tugas Akhir
Eksperimen Teknik Alphabet Melalui Pendekatan Permutasi Dalam Karya Musik Quotation
Penggunaan model pembelajaran yang tidak tepat pada materi mencipta musik
kontemporer telah memberi dampak terhadap tidak tercapainya target ketuntasan
belajar siswa pada mata pelajaran seni budaya di kelas XII (SMA). Salah satu cara
untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan membuat prosedural komposisi
berbasis alphabet sebagai tawaran dalam membuat model pembelajaran yang
fleksibel, akurat dan efisien. Namun, untuk membuat alphabet sebagai prosedural
komposisi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran diperlukan
pertimbangan pada pengaturan aspek-aspek musikal.
Penciptaan ini menerapkan sintesis dan eksperimetasi teknik alphabet, permutasi,
dan quotation berdasarkan hubungan ekstra-musikal dan intra-musikal yang
berpijak pada masalah penelitian.
Metode yang penulis gunakan dalam penciptaan prosedural komposisi berbasis
alphabet adalah metode kualitatif dengan fokus pada pendekatan multi-method,
yaitu studi kasus instrument dan Practice-led research. Penciptaan ini terdiri dari
tiga komponen utama: (1) Pengumpulan data, (2) Proses penciptaan, dan (3)
Evaluasi. Komponen-komponen ini digunakan relatif bersamaan, dan
mempengaruhi satu sama lain.
Hasil penelitian penciptaan ini adalah algoritma komposisi dalam bentuk
prosedural dengan pertimbangan pada pengaturan aspek-aspek musikal yang
berpotensi terhadap keseimbangan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik.
Prosedural alphabet dimungkinkan dapat mendorong guru dalam membuat model
pembelajaran yang fleksibel, akurat dan efisien dengan kondisi di sekolah,
khususnya dalam kategori pendekatan model pembelajaran Project-Based
Learning.
Tidak tersedia versi lain