Tugas Akhir
Pengaruh Body Percussion Dengan Metode Bapne Terhadap Keterampilan Interaksi Sosial Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Ma'arif Bantul.
Anak tunagrahita memiliki tingkat intelektualitas dibawah rata-rata yang menyebabkan kekurangan dalam beberapa aspek, salah satunya ialah keterampilan interaksi sosial. Salah satu rancangan pembelajaran yang tepat untuk mengatasi hal tersebut ialah menggunakan body percussion dari metode BAPNE. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu tentang adanya pengaruh body percussion dengan metode BAPNE terhadap keterampilan interaksi sosial anak tunagrahita di SLB Ma’arif Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen yang menggunakan rancangan one group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa tunagrahita SLB Ma’arif Bantul berjumlah 15 anak, serta pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik puposive sampling dengan hasil perolehan sampel berjumlah 4 anak. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Sign Test dengan taraf signifikansi 90%. Hasil output analisis data dengan menggunakan aplikasi SPSS 25 menunjukkan Asymp sig. = 0,068. Pengujian hipotesis diambil berdasarkan keputusan, apabila sig. < α = 0,10, maka Ha dapat diterima, atau sig. > α = 0,10, maka H0 diterima. Dari hasil data yang telah disebutkan menunjukkan angka 0,068, maka angka tersebut lebih kecil dari 0,10, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari pemberian body percussion dengan metode BAPNE terhadap keterampilan interaksi sosial anak tunagrahita di SLB Ma’arif Bantul.
Tidak tersedia versi lain