Tugas Akhir
Perancangan mainan smart toys kit sebagai alat bantu ajar pada mata pelajaran matematika siswa tunanetra kelas I tingkat SDLB
TAnak tunanetra merupakan salah satu penyandang disabilitas fisik yang memiliki keterbatasan atau kehilangan kemampuan melihat. Hal tersebut menyebabkan anak tunanetra kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman secara visual. Pengalaman visual termasuk dalam salah satu pengalaman penting dalam membangun persepsi dan mengasah kemampuan kognitif anak, hal ini dikarenakan kemampuan visual menerima lebih dari 80 persen informasi dari lingkungan luar.
Terbatasnya kemampuan anak tunanetra dalam menerima rangsangan visual menyebabkan anak tunanetra membutuhkan infonnasi yang bersifat konkret, terlebih lagi bagi anak usia sekolah dasar awal yang memiliki pola berpikir operasional konkret. Hal tersebut membuat anak tunanetra memiliki beberapa tantangan dalam mempelajari pelajaran matematika. Hal ini dikarenakan matematika merupakan ilmu yang sebagian besar membutuhkan kemampuan visual serta pola pikir abstrak.
Berdasarkan permasalah tersebut, maka dilakukan perancangan mainan edukatif yang dapat dijadikan alat bantu ajar yang bersifat konkret dalam memahami konsep pada mata pelajaran matematika bagi siswa tunanetra kelas I SDLB atau yang berusia 7-11 tahun dengan ragam bentuk dan tekstur untuk membantu anak memahami konsep dasar matematika, serta mengasah kemampuan sensoris pendengaran dan perabaan anak.
Tidak tersedia versi lain