Tugas Akhir
Strategi Pembelajaran Tari Untuk Anak Usia Remaja Di Sanggar Tari Kembang Sore
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan strategi pembelajaran yang diterapkan pada pembelajaran tari untuk anak usia remaja di Sanggar Tari Kembang Sore. Pembelajaran tari untuk anak usia remaja di Sanggar Tari Kembang Sore menjadi salah satu wadah bagi perkembangan anak usia remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah pelatih dan peserta didik STKS Cabang Bantul dan Ranting Kalasan. Objek penelitian ini adalah kegiatan pembelajaran tari untuk anak usia remaja di STKS Cabang Bantul dan Ranting Kalasan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik validasi data yang digunakan yaitu triangulasi sumber data dan metode. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara mengumpulkan data, mengelompokkan data, menjabarkan data, melakukan sintesa, menyusun kedalam pola dan memilih yang penting kemudian membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tari secara rutin hanya diadakan di Cabang dan Ranting sanggar. Penggunaan Strategi Pembelajaran disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan oleh STKS Pusat. Pembelajaran tari untuk anak usia remaja di Cabang Bantul menggunakan strategi pembelajaran kontekstual. Ranting Kalasan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dan kooperatif. Strategi Pembelajaran yang dipilih sudah tepat karena dapat meningkatkan kreativitas anak dalam memaknai serta menjiwai tari sesuai tujuan pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain