Buku Teks
Engineering Design and Analysis in the Art of Wayang Kulit
Buku ini dibagi menjadi tiga bagian utama dan epilog. Bagian pertama buku ini memberikan konteks bagi pembaca untuk memahami latar belakang pekerjaan kami. Bab kesatu memberikan gambaran singkat tentang wayang kulit, sedangkan bab kedua memperkenalkan bidang humaniora digital yang secara khusus menyentuh seni wayang kulit. Bagian kedua buku ini difokuskan pada rekayasa desain wayang kulit, terutama terkait metode yang kami kembangkan untuk menampilkan gambar bayangan 3D. Bab ketiga secara kualitatif menjelaskan fenomena bayangan stereoskopis berbasis warna, yang menjadi dasar gambar bayangan 3D. Pada bab keempat kami mulai menjelaskan secara kuantitatif metode optik untuk mensintesis gambar bayangan 3D. Pada bab kelima, kami berbagi pengalaman dari dua pameran seni rupa, yaitu. Jogja ArtWeeks 2015 dan 'Wayang and New Technology' di Tembi Rumah Budaya pada 2016. Bab enam membahas metode kuantitatif untuk mensintesis bayangan 3D secara digital, yang membuka kemungkinan baru dalam pertunjukan seni, di mana dalang dapat menggabungkan real dan gambar bayangan 3D virtual. Bagian ketiga buku ini difokuskan pada analisis keteknikan dalam wayang kulit. Pada bab ketujuh, kita mulai dengan analisis bentuk wayang. Setelah itu, di bab delapan kami menggunakan gambar bayangan 3D yang dijelaskan di Bab 3–6 untuk mengukur pose boneka secara kuantitatif. Metode yang sama juga dapat diperluas untuk menganalisis gerakan wayang, yang dijelaskan pada bab kesembilan. Analisis kuantitatif gerakan wayang ini merupakan kelanjutan dari penelitian yang dipelopori oleh Prof. Roger A. Long pada 1979, tentang gerakan wayang dalam wayang kulit Ngayogyakarta Hadiningrat. Sedangkan pada bab sepuluh, kami menganalisis pola audiovisual dalam pertunjukan wayang kulit. Pola-pola ini mungkin menjadi relevan, tidak hanya bagi para insinyur yang tertarik mengembangkan karya seni interaktif, tetapi juga bagi para sarjana di bidang humaniora digital.
Tidak tersedia versi lain