Tugas Akhir
Representasi interaksi Simbolik Komunitas Skateboard Sebagai Ide Penciptaan
Skateboard merupakan sebuah papan yang memiliki empat roda kecil
dibawahnya, seorang pemain skateboard disebut skater. Di Institut Seni Indonesia
Yogyakarta ada satu komunitas yang bernama ISI Punya Skaters atau yang
biasanya disebut IPS. Penciptaan karya-karya pada Tugas Akhir ini
dilatarbelakangi oleh perasaan yang timbul ketika menjadi bagian dari anggota
IPS ketertarikan untuk memperhatikan dan mengkritisi interaksi sosial yang ada di
dalamnya. Inspirasi datang dari melihat dan menyadari bahwa manusia
merupakan makhluk sosial yang sejatinya suka hidup berkelompok, begitu juga
ketika berada dalam sebuah lingkup pertemanan yang pastinya antara satu dan
lainnya memiliki latar belakang dan sifat atau watak yang berbeda-beda. Metode
pengerjaan Tugas Akhir ini dimulai dari mengamati sebuah interaksi yang terjadi
didalam komunitas IPS, ketika melihat adanya sebuah rasa solidaritas antara
teman, berbagi informasi seputar skateboard dan trik permainan, sebuah rencanarencana
untuk menghadiri acara skateboard, bahkan sebuah penghianatan antar
teman dan kecurangan yang hanya menguntungkan satu pihak. Perasaan tersebut
diwujudkan dalam penciptaan karya seni patung, dengan menggunakan teknik
tertentu sehingga pesan dari karya dapat tersampaikan kepada penonton. Tujuan
dalam penciptaan karya-karya ini atas dasar dorongan dari pemikiran dan nurani
yang dikira perlu untuk orang lain ketahui juga. Perwujudan karya-karya ini
ditampilkan secara imajinatif yang digabungkan antara beberapa obyek sebagai
media ekspresi seniman untuk mengajak orang lain lebih menghargai sebuah
pertemanan. Karya patung yang ditampilkan masing-masing memiliki pesan
tersendiri kepada apresiator tentang pentingnya menjaga hubungan antara sesama
di sekitar kita.
Tidak tersedia versi lain