Partitur/Praktek Musik
Perancangan Komunikasi Visual Aktivasi Jenama Helutrans Yogyakarta
Helutrans Yogyakarta adalah sebuah lembaga penangan seni (art handler)
profesional yang fokus pada bidang penanganan karya seni khususnya karya seni
rupa. Profesionalitas Helutrans dalam menangani karya seni ternyata belum cukup
untuk menjaga kontinuitas kepercayaan khalayak seni rupa khususnya seniman
muda di Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya seniman yang
belum cukup mengenal Helutrans Yogyakarta. Berdasarkan hasil penyebaran
kuesioner terhadap target audiens sejumlah 112 orang, menunjukkan bahwa 77
orang tidak mengetahui dan hanya 35 orang mengetahui.
Minimnya media informasi maupun promosi tentang penangan seni
Helutrans Yogyakarta, memberikan peluang bagi perancang untuk memberikan
solusi pemecahan masalah melalui desain komunikasi visual. Tujuannya agar
seniman muda di Yogyakarta lebih mengenal Helutrans Yogyakarta terutama
terkait pengetahuan dan keterampilan penanganan karya seni rupa. Solusi yang
ditawarkan perancang adalah rancangan komunikasi visual aktivasi jenama sebagai
media promosi Helutrans Yogyakarta. Aktivasi merupakan suatu bentuk kegiatan
promosi yang dilakukan dengan berinteraksi lebih dekat dengan target audiens
melalui berbagai kegiatan.
Bentuk aktivasi dalam perancangan ini adalah melalui pameran. Hal
tersebut disebabkan karena pameran merupakan bentuk aktivasi yang paling efektif
untuk memperkenalkan suatu jenama karena memungkinkan terjadinya komunikasi
dua arah serta mampu memberikan pengalaman langsung kepada target audiens.
Dengan adanya interaksi langsung tersebut, pesan bisa tersampaikan secara efektif
kepada target audiens.
Proses perancangan komunikasi visual aktivasi jenama Helutrans
Yogyakarta menerapkan pendekatan berpikir desain Tim Brown guna
menggabungkan pemikiran kreatif dan analisis, kemudian menerapkannya untuk
memecahkan permasalahan. Media-media dalam aktivasi ditentukan melalui
analisis consumers journey untuk menentukan point of contact target audiens.
Sebagai sumbangsih dalam bidang keilmuan dan karya ilmiah desain
komunikasi visual, hasil dari perancangan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai
referensi tentang proses perancangan komunikasi visual aktivasi jenama guna
mempromosikan Helutrans Yogyakarta. Selain itu perancangan ini menjadi bagian
dari objek perancangan baru di dunia desain komunikasi visual.
Kata-kata kunci: Aktivasi Jenama, Promosi, DKV
Tidak tersedia versi lain