Tugas Akhir
Penerapan Model Direct Instruction pada Ansambel Musik Kelas IX di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Bantul
Pembelajaran ansambel tingkat menengah di SMP N 2 Bantul dilaksanakan berdasarkan materi yang diambil dari silabus dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) sesuai kurikulum yang berlaku. Penelitian ini membahas tentang proses penerapan dan efektivitas penggunaan model direct instruction (langsung) pada mata pelajaran seni budaya (ansambel musik) di SMP N 2 Bantul dengan sampel kelas IX B yang terdiri dari 30 orang murid dan seorang pengajar. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan secara deskriptif. Fokus utama dalam penelitian ini adalah penerapan tahapan atau fase dalam proses pembelajaran ansambel musik sesuai dengan sintaks model direct instruction dari awal hingga akhir yang meliputi penyampaian tujuan, presentasi dan demonstrasi, bimbingan, pengecekan dan umpan balik, dan latihan lanjutan sekaligus penerapannya. Proses pembelajaran langsung yang diterapkan menggunakan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa sebagai subjek belajar. Selain itu yang menjadi ciri khas pada model direct instruction tersebut yaitu pengajar terjun secara langsung dalam setiap kegiatan yang dilakukan murid, melakukan latihan secara bertahap dan dilakukan secara berulang-ulang, sehingga murid dapat lebih menguasi materi yang diberikan serta mengasah keterampilan dalam bermain musik supaya proses belajar menjadi efektif dan efisien. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan Model Direct Instruction secara menyeluruh, kemampuan murid menjadi semakin baik karena Model Direct Instruction memiliki tahapan-tahapan yang detail dalam proses pembelajaran. Hal tersebut membuat pembelajaran ansambel musik lebih terstruktur dan efisien.
Tidak tersedia versi lain