Tugas Akhir
Model Pembelajaran Cooperatif Learning Ekstrakurikuler Musik Keroncong Di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta
Penelitian dengan judul Model Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik
Keroncong di SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta berlatar belakang mengenai
fenomena siswa SD sudah bermain musik keroncong. Penelitian ini merupakan
penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan model pembelajaran yang digunakan di
SD Tamansiswa Jetis Yogyakarta dalam ekstrakurikuler musik keroncong.
Data diperoleh melalui wawancara, observasi, serta dokumentasi. Dalam
menganalisis data menggunakan 1) reduksi data, 2) sajian data, dan 3) penarikan
simpulan. Untuk kemudian data diuji keabsahannya dengan 1) triangulasi teknik,
dan 2) triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa model yang digunakan dalam
pembelajaran ekstrakurikuler musik keroncong di SD Tamansiswa Yogyakarta
yaitu model pembelajaran cooperative learning. Penggunaan model pembelajaran
di atas digunakan guru atau pelatih sesuai dengan kondisi dan suasana kelas, karena
jumlah siswa mempengaruhi penggunaan model pembelajaran. Mengenai model
pembelajaran, guru menerapkan secara variatif dalam arti pada saat guru
menjelaskan materi pelajaran, juga menyiapkan pertanyaan-pertanyaan yang
dianggap penting untuk diketahui siswa
Tidak tersedia versi lain