Tugas Akhir
Nilai Nilai Pendidikan Karakter Fragmen Naskah Drama Lentera dalam Pembelajaran Seni Budaya di SMP Piri 1 Yogyakarta
Pada era global ini nilai-nilai pendidikan karakter mulai dikesampingkan.Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kecanggihan teknologi yangdigunakan secara berlebihan sehingga menjadikan remaja sekarang cenderungmenjadi manusia individualis yang lebih asyik bermain dengan perkembanganteknologi. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan nilai-nilai pendidikankarakter fragmen naskah drama “Lentera”, penerapan naskahnya dalam pembelajaran seni budaya, dan dampak pembelajarannya bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Data yang diperoleh melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Tahapan alisis dimulai dari pengumpulan data yang dideskripsi kan sebagai data mentah yang kemudian diklarifikasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pembelajaran naskah drama “Lentera”, pemahaman nilai pendidikan karakter drama “Lentera” dan proses latihan drama “Lentera”. Fragmen naskah drama “Lentera” memiliki nilai-nilai pendidikan karakter religius, jujur, disiplin, kerja keras, komunikatif, cinta damai, peduli sosial dan tanggung jawab. Metode pembelajaran yang diterapkan pada fragmen naskah drama “Lentera” adalah metode ceramah, diskusi,tanya jawab, demonstrasi, dan
imitasi.Fragmen naskah drama “Lentera” berdampak disetiap proses pembelajarannya,yaknidampakpositifdari proses latihan, pemahaman isi cerita, pemahaman karakter tokoh, dan pemahaman nilai-nilai pendidikan karakter.
Kata kunci: Pendidikan karakter, drama, pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain