Tugas Akhir
Perancangan Ulang Corporate Identity Museum Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
Merancang ulang corporate identity merupakan sebuah upaya yang bertujuan membentuk identitas visual yang baru agar tepat pada audience. Corporate identity sendiri terdiri atas beberapa elemen grafis seperti logo, warna, tipografi, dan lainnya yang diterapkan secara konsisten pada sejumlah media sehingga menyiratkan hal-hal positif terhadap audience. Salah satu lembaga yang memerlukan perancangan ulang pada corporate identity nya adalah Museum Biologi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, hal tersebut dikarenakan belum diterapkannya kaidah-kaidah corporate identity yang baik serta belum adanya konsistensi pada elemen-elemen grafisnya. Permasalahan tersebut mampu mendatangkan kesan negatif pada benak audience, sehingga pihak museum memutuskan untuk merancang ulang corporate identity dengan menggunakan kaidahkaidah perancangan corporate identity yang baik sebagai solusi dari permasalahan tersebut. Metode yang digunakan dalam perancangan karya desain ini adalah pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data pada lapangan, serta kepustakaan. Untuk metode analisis sendiri menggunakan 5W+1H dan juga SWOT. Serta teori-teori yang menjadi rujukan utama mengacu pada teori David E. Carter dan Veronica Napoles. Konsep perancangan ini juga mengadopsi beberapa elemen visual dari logo terdahulu dan akan lebih menonjolkan segi informative dan memorable. Karya tugas akhir perancangan ini adalah corporate identity beserta graphic standard manual, serta penerapannya pada media-media pendukung.
Kata kunci: re-desain, corporate identity, museum, Museum Biologi Universitas Gadjah
Mada Yogyakarta
Tidak tersedia versi lain