Tugas Akhir
Pemasaran Desa Wisata Batik Tulis Giriloyo Yogyakarya
Desa Wisata Batik Tulis Giriloyo Yogyakarta merupakan desa wisata yang mengunggulkan batik tulis keturunan Kraton dan metode pewarnaan batik menggunakan cara tradisional. Wisatawan yang berkunjung di desa wisata ini dapat melakukan kegiatan belajar membatik, dan belanja batik, bahkan bisa menikmati suasana alam pedesaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemasaran Desa Wisata Batik Tulis Giriloyo Yogyakarta yang digunakan dalam mengembangkan desa wisata. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif deskriptif dengan pendekatan melalui pemasaran dan menggunakan unsur bauran pemasaran (marketing mix) 4P+3P yaitu produk, harga, promosi, saluran distribusi/tempat, orang, proses, dan bukti fisik. Data diperoleh dengan wawancara, observasi, catatan, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desa wisata yang mengunggulkan budaya dan seni daerah dapat menjadi daya tarik wisatawan. Hal tersebut dapat dianalisis melalui ilmu pemasaran dengan teori bauran pemasaran yang dapat mengidentifikasi perkembangan desa wisata tersebut. Perkembangan di desa wisata dibuktikan dengan adanya jumlah wisatawan yang mengalami peningkatan dalam kurun waktu lima tahun terakhir.
Tidak tersedia versi lain