Tugas Akhir
Implementasi Naskah Drama Cici Meni Sebagai Media Pembelajaran Seni Budaya Untuk Mengembangkan Rasa Percaya Diri Siswa Kelas Vii Smp N 16 Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan mengungkap proses implemetasi naskah drama
Cici Meni untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa. Naskah drama Cici Meni
dipilih sebagai salah satu alternatif media pembelajaran Seni Budaya yang
terintegrasi yaitu seni drama, tari, dan musik.
Metode penelitian yang digunakan dalam proses implementasi naskah
drama Cici Meni ialah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas
VII SMP N 16 Yogyakarta yang terlibat dalam pembelajaran naskah drama Cici
Meni. Objek penelitian adalah mata pelajaran Seni Budaya. Pelaksanaan
penelitian dilakukan di SMP N 16 Yogyakarta. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dapat berkembang rasa
percaya dirinya dengan belatih peran yang ada pada naskah drama Cici Meni.
Sejumlah 15 terlibat dalam proses pembelajaran ini, 8 diantaranya menyatakan
percaya diri lebih menungkat. Peningkatan rasa percaya diri siswa, berdampak
pada aktivitas kesehariannya.
Tidak tersedia versi lain