Tugas Akhir
Pembelajaran Drama Tari Musik Terintegrasi Pada Pelajaran Seni Budaya Di SMP N 9 Yogyakarta
Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatif. Materi ini digunakan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan proses pembelajaran Seni Drama, Tari dan Musik yang terintegrasi di SMP N 9 Yogyakarta pada siklus pertama dan siklus kedua dengan fokus bahasan proses pembelajarannya. Data penelitian ini dikumpulakan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Validasi menggunakan metode triangulasi, yaitu triangulasi sumber data dan metode. Data penelitian ini dianalisis dengan menggambarkan dan mengintrepetasikan arti data yang telah terkumpul, memberi perhatian dan merekam sebanyak mungkin aspek situasi yang diteliti pada saat itu, sehingga memperoleh gambaran secara umum dan menyeluruh tentang keadaan sebenarnya
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Keberhasilan penggunaan materi seni drama, tari dan musik yang terintregrasi ditentukan oleh kemampuan guru dalam mengelola kelas, pengembangan suatu konteks, dan penggunaan metode pembelajaran yang tepat. Metode yang digunakan metode ceramah, diskusi, demonstrasi dan latihan/praktik. Selain itu dilakukan evaluasi pembelajaran untuk mengukur aspek pengetahuan dan keterampilan. (2) Penerapan materi yang dilaksanakan pada siklus pertama dilakukan kurang maksimal, sedangkan pada siklus kedua dilakukan lebih sehingga hasil pembelajaran lebih signifikan
Tidak tersedia versi lain