Tugas Akhir
Penerapan Metode Kodaly (Hand Sign) Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Angklung Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 10 Sleman Yogyakarta
Materi dalam pembelajaran musik yang seringkali menjadi daya tarik bagi
siswa yaitu bermain alat musik. Kegiatan pembelajaran musik dalam
ektrakurikuler di sekolah biasanya dijadikan dalam bentuk ansambel musik.
Ansambel musik yang sering digunakan sebagai kegiatan ekstrakurikuler adalah
alat musik angklung. Angklung seringkali dijadikan sebagai media pembelajaran
Seni Budaya dan ekstrakurikuler di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui proses pembelajaran angklung menggunakan metode Kodaly (hand
sign) di MTsN 10 Sleman serta efektifitas dalam pembelajaran ekstrakurikuler
angklung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengambilan sampel
menggunakan teknik purposive sampling. Sampling penelitian dalam penelitian
ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ektrakurikuler angklung Di MTsn 10
Sleman yaitu kelas VII dan kelas VIII yang berjumlah delapan belas siswa. Hasil
penelitian menunjukan bahwa Penerapan metode Kodaly (hand sign)
merupakan metode yang efektif serta dapat meningkatkan hasil belajar pada
siswa MTsN 10 Sleman. Dari hasil penelitian yang didapatkan terjadi
peningkatan hasil belajar yaitu dari hasil penilaian terdapat rata-rata dalam
kategori ‘baik’ yaitu sebanyak 16 siswa dengan presentase 80% mendapat nilai
75 atau lebih.
Tidak tersedia versi lain