Tugas Akhir
Pembelajaran Instrumen Cello Di Sekolah Menengah Atas Negeri 3 Yogyakarta
SMA Negeri 3 Yogyakarta memiliki kegiatan ekstrakurikuler orkestra untuk mewadahi siswa-siswa yang berminat dalam bermusik di dalam orkestra. Siswa yang mengikuti kegiatan orkestra, khususnya instrumen cello belum mempunyai dasar-dasar bermain cello dan dasar-dasar membaca notasi balok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menyajikan data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap para narasumber yang bersangkutan. Pembelajaran instrumen cello di SMA Negeri 3 Yogyakarta menggunakan model pembelajaran kooperatif, kontekstual, pembelajaran berbasis masalah, dan games. Model pembelajaran kooperatif, kontekstual, pembelajaran berbasis masalah, dan games dapat membantu siswa untuk memahami materi yang akan dimainkan saat kegiatan orkestra.
Tidak tersedia versi lain