Partitur/Praktek Musik
Perancangan Publikasi Jasa Make up Artist Dan Hair Do"Di Livia"
Sebagai perempuan, keinginan untuk mempercantik diri dengan
membubuhkan tata rias (make up) dan menata rambut (hairdo) merupakan hal
yang penting. Semakin banyak kebutuhan perempuan akan dunia tata rias,
berkorelasi positif dengan kesibukannya. Fenomena tersebut menciptakan peluang
usaha pada bidang jasa make up artist (MUA) dan hairdo meningkat. Dengan
tingginya permintaan pasar akan jasa ini, berdampak pada menjamurnya profesi
dibidang make up artist dan hairdo, salah satunya adalah jasa make up artist dan
hairdo "DI LIVIA". Agar mampu untuk menjaga eksistensinya, "DI LIVIA" harus
mampu menciptakan inovasi dalam pelayanan maupun publikasinya.
Metode perancangan dilakukan dengan metode kualitatif. Dalam usaha
pengumpulan data, digunakan metode wawancara secara mendalam terhadap
seorang pakar dan dua orang target audiens. Hasil dari pengumpulan data
didapatkan consumer journey yang digunakan sebagai referensi kebutuhan media
yang dirasa perlu dalam perancangan. Dari analisis data diperoleh point of contact
yang memiliki relevansi sebagai media dalam perancangan publikasi jasa MUA
dan hairdo "DI LIVIA".
Media yang digunakan dalam perancangan publikasi jasa MUA dan hairdo
"DI LIVIA", yaitu Katalog sebagai media utama, dan beberapa media penunjang
seperti Poster, Flyer, Kartu nama, Kartu Diskon, Sticker, Zine, Press release pada
majalah, Video Portrait pada media sosial, dan prototype website. Penentuan
media ditentukan berdasarkan hasil analisis terhadap relevansi antara consumer
journey dan point of contact.
Berdasarkan hipotesa perancangan, dilakukan riset atau uji coba khalayak
media sosial melalui media instagram. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan,
ditemukan bahwa terdapat peningkatan awareness masyakarat yang cukup
signifikan. Peningkatan tersebut salah satunya tampak dari jumlah visit profile
yang meningkat dari 174 audiens menjadi 504, dan jangkauan audiens dari 381
jangkauan menjadi 4374 audiens selama 1 minggu penayangan.
Kata Kunci: Perempuan; Publikasi; Jasa; Make Up; Hairdo
Tidak tersedia versi lain