Tugas Akhir
Pembelajaran Vokal di Lembaga Kursus Ethnictro Music Education Yogyakarta
Ethnictro Music Education merupakan sekolah musik non formal yang didirikan oleh Anik Wijayanti dan Ikbal Lubis pada tahun 2008.Vokal menjadi objek penelitian terutama dalam proses pembelajaran dan permasalahannya. Berdasarkan pengamatan yang dilakukan oleh penulis, murid-murid vokal di Ethnictro Music Education Yogyakarta (EME) mempunyai ketrampilan, spontanitas, dan interpretasi dalam bernyanyi dengan baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan musikologis. Model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan realistik menjadi pedoman di EME dalam proses pembelajaran. Hasil dari proses pembelajaran di EME menjadi bukti keberhasilan belajar dan pengajaran yang diterapkan. Contohnya seperti lomba-lomba yang dilakukan oleh murid di luar EME dan pentas seni pertunjukan yang diikuti oleh murid Ethnictro Music Education. Mempelajari teknik-teknik vokal seperti pernapasan, artikulasi, frasering, intonasi, dinamika, interpretasi, dan improvisasi dalam proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang baik.
Tidak tersedia versi lain