Tugas Akhir
Penerapan Metode Eurhythmics Dalcroze pada Pembelajaran Biola Tingkat Dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode eurhythmics Dalcroze pada pembelajaran biola tingkat dasar di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta sebagai pendamping metode yang sudah ada. Pada proses pembelajaran biola murid masih merasa kesulitan ketika membaca notasi balok, membaca ritmis dan teknik bermain biola. Peneliti menghadirkan metode eurhythmics Dalcroze agar pembelajaran lebih bervariatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan murid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif jenis kualitatif. Pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Contoh penerapan metode
eurhythmics adalah murid mendapatkan solfeggio, eurhythmics, dan improvisasi, . Hasil penelitian menunjukan bahwa menggunakan metode
eurhythmics Dalcroze dapat meningkatkan kemampuan bermain biola dalam pembelajaran biola tingkat dasar mengunakan metode Dalcroze di Sanggar Ansambel Musik Suronatan Yogyakarta.
Tidak tersedia versi lain