Tugas Akhir
Nilai – Nilai Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ekstrakurikuler Orkestra Di SMA Negeri 1 Yogyakarta
Penelitian ini menggunakan sampel Guru pembimbing/instruktur ekstrakurikuler orkestra , Humas SMA Negeri 1 Yogyakarta dan beberapa anggota ekstrakurikuler orkestra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif. Metode penelitian ini berusaha mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler orkestra dengan menggunakan metode penelitian observasi, wawancara, dan studi dokumen digunakan dalam penelitian ini, sedangkan validasi data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian adalah pembelajaran orkestra tersebut terdiri atas pembelajaran teori dan praktik. Pembelajaran teori membahas teori dasar musik, alat musik yang ada di dalam sebuah orkestra dan lagu/materi bacaan sedangkan pembelajaran praktik meliputi teknik bermain, aturan di dalam orkestra, strategi pembelajaran dan penerapan lagu yang dibawakan terdapat 18 pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler orkestra. Meliputi Religius, Jujur, Toleransi, Disiplin, Kerja keras, Kreatif, Mandiri, Demokratis, Rasa ingin tahu, Semangat kebangsaan atau Nasionalisme, Cinta Tanah Air, Menghargai prestrasi, Komunikatif, Cinta damai, Gemar membaca, Peduli lingkungan, Peduli sosial, dan Tanggung jawab.
Tidak tersedia versi lain