Tugas Akhir
Kreativitas Pardiman Djoyonegoro Dalam Mengenalkan Gamelan Kepada Anak-Anak Di Omah Cangkem Yogyakarta
Fokus pembahasan penelitian ini pada analisis, tujuan, proses, metode, dan faktor yang mempengaruhi penciptaan karya. Pembelajaran gamelan pada anak-anak melalui karya baru merupakan cara yang digunakan Pardiman untuk memaksimalkan keinginannya dalam melestarikan kebudayaan. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran yang dilakukan, antara lain dorongan pribadi, kondisi anak, dukungan keluarga dan lingkungan sosial seni. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penciptaan karya Pardiman didorong oleh tiga hal, yaitu faktor dari dalam, faktor dari luar dan tujuan penciptaan. Metode atau proses penciptaan dimulai dari dorongan (rangsang awal), inspirasi, penuangan, dan pembentukan. Bentuk karya Pardiman terdiri dari karya baru yang tidak mengacu pada aturan yang ada dalam tradisi karawitan. Faktor yang mempengaruhi Pardiman dalam berkarya untuk anak-anak yaitu, teknik tabuhan, irama serta dinamika. Selanjutnya bentuk penyajian yang disajikan yaitu instrumental maupun karya musik. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif analisis dengan mengumpulkan data melalui studi pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini merupakan salah satu upaya untuk mendeskripsikan strategi dan kreativitas Pardiman dalam mengenalkan gamelan kepada anak-anak di Omah Cangkem Yogyakarta.
Tidak tersedia versi lain