Tugas Akhir
Perancangan Interior Sekolah Inklusi KB-TK Duta Bakti Yogyakarta
Keterbatasan yang dialami Anak Berkebutuhan Khusus menjadikannya memerlukan perhatian khusus dalam pemenuhan layanan pendidikan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik anak. Sistem pendidikan inklusi bertujuan untuk menyamaratakan hak antara anak regular dengan anak berkebutuhan khusus. Di Indonesia perhatian akan rancangan desain sekolah inklusi masih tergolong kurang. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan sekolah yang mampu memenuhi sarana & prasarana Anak Berkebutuhan Khusus dan menerapkan budaya peduli keberagaman pada anak usia dini. KB-TK Duta Bakti Yogyakarta merupakan salah satu penyelenggara pendidikan inklusif usia dini di Yogyakarta. Lembaga pendidikan ini tergolong tempat yang pemenuhan fasilitasnya sudah hampir memenuhi kualifikasi sekolah inklusi yang ramah bagi ABK, untuk itu semangat dalam pemecahan masalah redesain interior menjadi unsur yang cukup berpengaruh untuk meningkatkan sarana prasarana dan aksesibilitas pada rancangan sekolah inklusi sehingga memenuhi tujuan desain yang mampu membuat ABK hidup normal serta berbaur dengan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain