Tugas Akhir
Metode Pembelajaran Improvisasi Saksofon Alto Dengan Pendekatan Modal Pada Lagu Cantaloupe Island Ciptaan Herbie Hancock
Improvisasi umumnya menjadi hal yang wajib dipelajari oleh kalangan musisi jazz di dunia. Hal yang perlu untuk diketahui seorang musisi dalam pembelajaran improvisasi adalah mengetahui lagu, jenis akor, pergerakan akor dan tangga nada (modal). Pembahasan utama karya tulis ini adalah Metode Pembelajaran Improvisasi Saksofon Alto dengan Pendekatan Modal pada Lagu Cantaloupe Island Ciptaan Herbie Hancock yang ditujukan kepada Mahasiswa Jurusan Musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta khususnya instrumen saksofon alto semester IV. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, observasi partisipasi pasif, eksplorasi dan analisis. Dari keempat metode tersebut penulis menyimpulkan tiga tahapan metode pembelajaran improvisasi dengan pendekatan modal yaitu penerapan modal dengan mengembangkan tema lagu, pengembangan modal dengan ritmik dan artikulasi, penerapan modal yang dikembangkan dengan sequence. Hasil pembelajaran pada karya tulis ini adalah etude yang berguna sebagai acuan dan wawasan bagi pembaca, musisi dan khususnya kepada mahasiswa jurusan musik Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Tidak tersedia versi lain