Tugas Akhir
Visualisasi Dolanan Dalam Seni Patung
Permainan tradisional telah berkurang gaungnya. Anak-anak kini lebih memilih berlama-lama di dalam ruangan, memandangi dunia luar dari layar ponsel atau computer dan cenderung takut bermain keluar rumah. Metode pengerjaan Tugas Akhir Visualisasi Dolanan dimulai dari mengamati lingkungan sekitar, mengamati lingkungan yang lebih luas lalu menelusuri kajian yang sudah ada. Diwujudkan melalui penciptaan karya seni patung, dengan menggunakan teknik modeling. Karya tugas akhir ini menampilkan kondisi dolanan tradisonal dewasa ini melalui narasi yang dekat dengan keseharian yaitu dampak negatif kemajuan teknologi khususnya yang menyuguhkan permainan online maupun offline. Hasil yang diharapkan dari Tugas Akhir ini ialah kesadaran untuk mau berbuat, mengajari anak-anak permainan tradisional serta melestarikan budaya dalam permainan tradisional sebisa mungkin. Karya patung dan laporan Tugas Akhir ini bertujuan sebagai bahan pembelajaran dalam seni rupa, terutama mengenai permainan tradisional. Hasil karya dapat menjadi bahan refleksi diri serta inspirasi tentang ambisi menjadi seniman.
Tidak tersedia versi lain