Tugas Akhir
Analisis Perbandingan Kemasan Program Acara Televisi Franchise “Eat Bulaga! Filipina” Dan “The New Eat Bulaga! Indonesia
Persaingan antar stasiun televisi untuk menampilkan program acara televisi terbaiknya sangatlah ketat, salah satunya dengan format program acara televisi variety show. The new Eat Bulaga! Indonesia salah satunya, program acara televisi ini merupakan program acara televisi franchise dari luar negeri, “Eat Bulaga! Filipina”. Kedua program memiliki latarbelakang yang berbeda sehingga memerlukan penyesuaian untuk “Eat Bulaga! Filipina” ditayangkan di Indonesia. Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah sara penyajian atau kemasan program acara televisinya. Maka penelitian ini memilih cara penyajian atau kemasan, elemen kemasan yang akan dianalisis berdasarkan teori dari Morissan. Penelitian dilakukan secara komparatif, membandingkan kemasan kedua program, untuk mengetahui sejauh mana persamaan dan perbedaannya. Penelitian ini juga menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dokumen dan observasi. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan temuan yang ditemukan dari kedua objek penelitian. Elemen kemasan yang diteliti terdiri dari; host, busana, setting, dan bumper. Hasil penelitian menujukkan bahwa persamaan dari kedua program cukup banyak, sedangkan perbedaan ada di beberapa bagian. Adanya persamaan dan perbedaan pada program ini bisa dikatakan diperoleh dari asal program acara televisi “Eat Bulaga! Filipina” yang di-franchise-kan, “The New Eat Bulaga! Indonesia” sebagai penerima franchise yang melakukan perubahan berdasarkan kesepakatan dengan pihak pemberi franchise.
Tidak tersedia versi lain