Tugas Akhir
Efektivitas Metode Inkuiri untuk Pembelajaran Bernyanyi Unisono Siswa Kelas VII G SMP Negeri 2 Sewon
Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran seni di SMP Negeri 2 Sewon Bantul belum sesuai dengan karakter kurikulum 2013. Metode yang digunakan adalah metode ceramah dan demonstrasi dan hal tersebut mengakibatkan anak bosan, meskipun di sekolah tersebut sudah tersedia media yang mendukung penggunaan metode inkuiri. Fokus penelitian ini adalah cara penerapan metode inkuiri tersebut dan ingin mengetahui efektivitasnya terhadap pelaksanaan proses dan hasil pembelajarannya.
Sampel penelitian adalah kelas VII G Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Sewon. Bernyanyi unisono dijadikan objek penelitiannya, sedangkan subjek atau informan penelitiannya adalah guru seni musik dan siswa kelas tersebut. instrumen pengumpulan datanya meliputi studi pustaka, observasi, wawancara, dan studi dokumen. Penelitian dilaksanakan selama empat bulan, mulai dari bulan Januari sampai dengan bulan April. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Tujuan metode ini adalah memperbaiki proses pembelajaran melalui suatu siklus yang terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi, dan perencanaan perbaikan. Penelitian terdiri atas tiga siklus; pertama penyampaian materi teori dasar musik, kedua latihan birama, dan ketiga praktik bernyanyi unisono.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri pada pembelajaran seni musik materi seni bernyanyi unisono dalam tiga siklus sudah dapat merubah proses pembelajaran tersebut. Penggunaan metode ini efektif untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran; guru sudah secara nyaman menggunakan metode dan medianya, siswa menjadi lebih aktif, dan nilai praktik bernyanyi unisono kelas ini meningkat.
Tidak tersedia versi lain