Tugas Akhir
Pengolahan Modes Dalam Improvisasi Pada Lagu Chega De Saudade (No more Blues) Karya Antonio-Carlos Jobim Ditinjau Dari Progresi Akor
Jazz merupakan musik yang sangat didominasi oleh improvisasi, sudah banyak
ragam improvisasi dengan yang diteliti hingga saat ini. Dari sekian banyak, ada hal
yang menarik bahwa dalam penggunaan modes dan membuat riff masih jarang bahkan
belom diteliti khusunya pada lagu Chega De Saudade (No More Blues) karya Antonio-
Carlos Jobim.
Dengan adanya masalah tersebut penulis mempunyai ide untuk mencari
jawaban dari bagaimana cara mengolah dan mengaplikasikan Modes Ionian System,
Harmonic Minor System, Melodic Minor System dan Symmetric Scale pada lagu Chega
De Saudade (No More Blues) ditinjau dari progres akor dan bagaimana cara membuat
lick atau riff panjangnya 2 sampai 4 birama bahkan lebih pada lagu tersebut. Untuk
mencari jawaban tersebut penulis menggunakan metode modal (modes), phrasing,
variasi dan tanda istirahat, offbeat dan onbeat, akor ii – V – I, ghost note, ritmis, passing
harmonies, trinada subtitusi, dan ritmis yang sama dalam setiap birama. Setelah
ditetapkan metode maka mulai dilakukan analisis. Analisis dilakukan dengan cara
membahas progresi akor yang relasi dengan modes tersebut, dengan cara melihat
pemahaman riff pada lagu Chega De Saudade (No More Blues).
Kesimpulan yang diperoleh bahwa dengan menggunakan metode-metode
tersebut penulis bisa menerapkan modes kedalam improvisasi pada lagu Chega De
Saudade (No More Blues) yang ditinjau dari progresi akor.
Tidak tersedia versi lain