Tugas Akhir
Perancangan Komik Panduan Tracing, Redraw, dan Penggunaan Referensi dalam Fenomena Penjiplakan Ilustrasi untuk Pemula
Tracing, Redraw, dan Penggunaan referensi, ketiga hal tersebut merupakan teknik dalam menggunakan referensi visual lainnya sebagai acuan dalam menciptakan karya, jika tidak dipelajari lebih dalam memang tampak sebagai sesuatu yang sama. Hal ini kerap kali memicu perdebatan dan kontroversi, terutama dari teknik tracing dan redraw. Kedua teknik tersebut yang paling menghasilkan karya yang mirip dengan acuan aslinya. Komik berjudul Panduan Tracing, Redraw, dan Penggunaan Referensi dirancang guna menjawab pertanyaan pertanyaan dan menanggapi kebingungan insan ilustrasi mengenai aturan penggunaan referensi yang baik dan tidak melanggar aturan. Melalui tiga karakter utama yakni Kejora, Bintang, dan Damar, pembaca diajak memahami informasi mengenai tracing, redraw, dan penggunaan referensi beserta peraturannya. Perancangan ini diharapkan dapat menambah wawasan mengenai tracing, redraw, dan penggunaan referensi yang salah, yang benar, yang aman, dan yang tidak aman. Hasil penelitian dan perancangan ini dapat pula menjadi arahan dalam memilih teknik dalam mengambil referensi sebagai acuan yang paling tepat sesuai kebutuhan dan keadaan. Hasil penelitian juga dapat menjadi referensi untuk penelitian kedepannya.
Kata Kunci: komik, penjiplakan ilustrasi, tracing, redraw.
Tidak tersedia versi lain