Tugas Akhir
Metode Pembelajaran Ricikan Rebab Robby Agus Widodo
Skripsi berjudul “metode pembelajaran ricikan rebab Robby Agus Widodo”
ini membahas tentang penerapan metode pendengaran dalam proses pembelajaran
ricikan rebab yang dilakukan oleh Robby Agus Widodo serta faktor-faktor yang
mempengaruhi proses pembelajaran ricikan rebab yang dilakukan oleh Robby Agus
Widodo. Proses pembelajaran ricikan rebab Robby Agus Widodo dilaksanakan
dengan cara nyantrik bersama seorang seniman karawitan bernama Abujana. Fokus
pembahasan penelitian ini pada analisis metode, proses, hasil dan faktor yang
mempengaruhi pembelajaran ricikan rebab yang dilakukan Robby Agus Widodo.
Pembelajaran ricikan rebab melalui pendengaran atau auditory merupakan
cara yang digunakan Robby Agus Widodo untuk memaksimalkan kemampuan rasa
musikal dalam menguasai atau menafsir cengkok rebaban melalui pendengaran
serta kemampuan kinerja memori otak untuk menyimpan dan memahami
pembelajaran ricikan rebab yang kemudian diwujudkan melalui permainan ricikan
rebab. Dalam hal ini terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi proses
pembelajaran ricikan rebab yang dilakukan Robby Agus Widodo. Beberapa
diantaranya adalah keterbatasan fisik, lingkungan sosial seni, dan keluarga.
Beberapa faktor tersebut menjadi faktor yang memotivasi Robby Agus Widodo
dalam mempelajari ricikan rebab dan mewujudkan keinginannya menjadi seorang
pengrebab meski dengan keterbatasan fisik (tuna netra).
Hasil dari metode pembelajaran ricikan rebab melalui pendengaran yang
dilakukan Robby Agus Widodo, pada pembelajaran teknik rebaban hanya dapat
diterima Robby sebagian, namun pada penguasaan nada dan pengembangan
cengkok rebaban dapat diterima Robby dengan sepenuhnya dan dikembangkan
sesuai kreativitas Robby.
Tidak tersedia versi lain