Tugas Akhir
Visualisasi Keceriaan Anak Bermain (Dolanan) Kitiran pada Perhisan Logam
Penciptaan karya seni perhiasan logam berjudul “Visualisasi Keceriaan Anak Bermain (Dolanan) Kitiran Pada Perhiasan Logam” ini adalah sebuah wujud pengekspresian ide atau gagasan individu yang terinspirasi dari melihat anak kecil yang sangat ceria ketika bermain (dolanan) kitiran. Anak bermain kitiran tersebut akan dieksplorasi melalui bentuk visualnya dan dikembangkan dengan daya imajinasi serta kreativitas penulis sehingga tercipta sebuah karya seni perhiasan yang unik.
Sebuah penciptaan karya diwujudkan dengan berbagai metode. Metode tersebut berupa metode pendekatan dan metode penciptaan. Metode pendekatan pada penciptaan karya ini menggunakan metode pendekatan estetis, dan pendekatan psikologi anak dan bermain yang memiliki perannya masing-masing. Metodepenciptaan menggunakan metode penciptaan oleh S.P.Gustami dan sebagai pendukung metode penciptaan, digunakan juga metode Practice-Led Researchberupa pendekatan yang berbasis pada sebuah penelitian yang diperoleh dari sebuah praktik.Teknik yang digunakan dalam penciptaan ini adalah teknik ukir/tatah logam, teknik kenteng/ondel (tempa), dan teknik patri.
Karya yang diciptakan berupa dua set perhiasan berjumlah 18 karya. Satu set perhiasan dengan teknik tatahyaitu11 karya diantaranya kalung, bros, pin, cincin, tusuk konde, gelang, bando, anting, giwang, dan karya tiga dimensi sementara perhiasan dengan teknik kenteng/ondel (tempa) terdiri dari tujuh karya yaitu kalung, bros, tusuk konde, cincin dan hiasan telinga.Perhiasan dengan teknik tatah cenderung memvisualisasikan ekspresi keceriaan anak dan gestureanak ketika bermain kitiran, sedangkan pada teknik kenteng/ondel (tempa)keceriaan anak dolanan kitirandivisualisasikan dalam bentuk yang berbeda yaitu lebih tersirat maknanya dalam bentuk susunanmangkok yang didalamnya ada mainan kitiran dan bulat-bulat kecil sebagai penggambaran seorang anak kecil.
Tidak tersedia versi lain