Tugas Akhir
METODE ORAL SEBAGAI MODEL PEMBELAJARAN ANGKLUNG PADA ANAK TUNARUNGU DI SEKOLAH LUAR BIASA BAGIAN B DENA UPAKARA WONOSOBO
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang
metode oral sebagai model pembelajan angklung pada anak
tunarungu di SLB/B Dena Upakara Wonosobo.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif
kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tempat penelitian
bertempat di SLB/B Dena Upakara Wonosobo. Hasil penelitian
diperoleh melalui motode observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi
data. Metode analisis data yang digunakan adalah diskriptif
kualitatif dengan melalui tahap reduksi data dan pengambilan
kesimpulan.
Hasil penelitian memaparkan tentang metode oral yang
diterapkan dalam pembelajaran angklung di SLB/B Dena Upakara
Wonosobo. Pembelajaran angklung merupakan upaya pendekatan
untuk mendukung pengembangan metode oral pada anak
tunarungu, guna mendukung suasana yang menyenangkan.
Pembelajaran angklung merupakan aspek dari pengembangan
komunikasi, persepsi bunyi dan irama pada anak tunarungu.
Metode dengan media alat musik guna melatih kecepatan terhadap
respon membaca ujaran dan sebagai media ekspresi anak
tunarungu.
Tidak tersedia versi lain