Tugas Akhir
Eufemisme Visual Postingan Instagram Anggur Orang Tua
Bermula dari billboard Anggur Orang Tua yang ada di belakang pasar Bringharjo Yogyakarta dengan copywrite: “kasih orang tua sepanjang masa takkan terbalas kapanpun juga”. Iklan outdoor tidak mempersuasi secara gamblang pemirsa, malahan iklan terlihat seperti iklan sosial. Strategi visual seperti itu juga ditemukan dalam official Instagram Anggur Orang Tua (@anggur_ot). Pengalihan dilakukan untuk tujuan penghalusan atau dalam penelitian ini disebut eufemisme visual. Dari latar belakang tersebut dirumuskan masalah “seperti apa eufememisme visual diaplikasikan pada postingan-postingan Instagram Anggur Orang Tua?”
Dari galeri postingan-postingan Instagram @anggur_ot dipilih tiga sampel sebagai bahan analisa. penelitian ini menggunakan analisis narasi dari Jane Stokes untuk membeda sampel visual dan mengetahui seperti apa eufemisme visual diaplikasikan.
Hasil analisis ketiga sampel mengaplikasikan eufemisme visual dengan bentuk metafora pada sampel satu,dua; dan sampel tiga memanfaatkan bentuk parifrasis. Pada sampel satu dan dua memanfaatkan metafora tokoh orang tua untuk mewakili brand dan makna orang tua secara literal. Sampel tiga memanfaatkan perifrasis untuk mencitrakan ulang image brand Anggur orang tua dari produk minuman kesehatan ke produk untuk minuman memperoleh efek memabukan.
Tidak tersedia versi lain