Tugas Akhir
Interpretasi Makna Macapat Dalam Karya Piano Trio
Penciptaan karya musik etnis yang menggunakan idiom-idiom musik kedaerahan banyak digarap oleh komponis-komponis Indonesia. Melalui itu, penulis terinspirasi untuk mengangkat konsep musik kedaerahan dalam hal ini tembang macapat. Penulis mencoba meneliti dan mencari kemungkinan-kemungkinan untuk mencari korelasi antara tembang macapat dengan unsur-unsur musik barat. Karya seni tradisional Tembang Macapat penulis pilih sebagai materi tugas akhir, karena macapat sendiri dapat digarap kembali bukan hanya mengambil unsur idiomnya saja, tetapi penulis juga menjadikan aspek sintaktis dan aspek semantik sebagai media penulis dalam menggarap karya ini. Aspek sintaktis meliputi guru gatra/ larik yang ada dalam tembang macapat, penulis transformasikan sebagai semifrase. Dan aspek semantik penulis interpretasikan melalui melodi, harmoni, ritme, dan unsur musik lainnya. Hal-hal yang penulis temukan dalam aspek sintaktis berupa kesamaan guru gatra dengan semifrase. Aspek ini penulis jadikan acuan untuk menyusun melodi utama atau semifrase. Aspek semantik berupa kesesuaian ekspresi, melodi, ritme lagu penulis jadikan untuk pedoman kesesuaian ekspresi musik.
Tidak tersedia versi lain