Tugas Akhir
Implementasi tari Gardha Lalita pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP N 16 Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap implementasi pembelajaran tari Gardha Lalita pada kegiatan ekstrakurikuler tari di SMP N 16 Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret sampai dengan bulan April 2018, dengan subjek penelitian siswa SMP Negeri 16 Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek dalam penelitian ini adalah tari Gardha Lalita. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Metode dalam proses pembelajaran yang diberikan mengunakan metode ceramah, demonstrasi dan imitasi yang dipadukan dengan kegiatan eksplorasi dan improvisasi sebagai penguat materi tari Gardha Lalita. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggambarkan keadaan objek. Uji keabsahan data diperoleh melalui sumber dengan melakukan pengecekan terhadap hasil wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dapat menghayati tujuan tari Gardha Lalita. Hal tersebut terjadi disebabkan bahwa proses pembelajaran dengan metode ceramah, demonstrasi dan imitasi yang dipadukan dengan kegiatan eksplorasi dan improvisasi dirasa sesuai untuk proses pembelajaran peserta didik usia remaja. Dari hasil yang telah dicapai dapat disimpulkan bahwa tari Gardha Lalita dapat dijadikan sebuah materi baru pada kegiatan ekstrakurikuler tari di Sekolah Menengah Pertama Negeri 16 Yogyakarta.
Tidak tersedia versi lain