Buku Teks
Desain ritel : komunikasikan strategi pemasaran bisnis dengan tepat !
Tiap pemilik toko pasti menginginkan desain ritel yang menarik dan tidak jarang ia membutuhkan seorang desainer toko untuk mewujudkan hal itu. Desainer tokopun menginginkan desain yang unik, karena pengunjung berharap dimanjakan oleh desain toko. Selain itu, penataan desain dan pembentukan atmmosfer menjadi pentig agar toko dapat memberikan informasi dengan tepat mengenai produk yang dijualnya. Mulai dari yang terkecil, seperti sentuhan aksesori, hingga bidang - bidang pelengkap interior ruang dapat ditata untuk menciptakan nuansa berbeda sesuai dengan strategi pemasaran. Dengan mengamati desain toko, para pengunjung diharapkan tertarik untuk mengeksplorasi produk lebih lanjut dan kemudian membeli. Perencanaan yang tepat akan menghadirkan nuansa, atmosfer, dan estetika yang menarik bagi pengunjung toko. Sangat penting untuk mewujudkan desain ritel yang tampil menarik dan dapat meningkatkan penjualan. Desain ritel akan menjadi unggulan bagi sebuah toko dalam persaingan bisnis yang ketat. Buku ini akan memaparkan beberapa idedan langkah praktis yang dapat membantu para pemilik toko, manajer toko, dan desainer mewujudkan desain yang tepat, serta menghasilkan kinerja bisnis yang dapat bergulir lancar serta mendatangkan banyak keuntungan. Buku ini terbagi dalam empat bagian yang disertai kerangka berpikir untuk memudahkan pembaca memahaminya. Yaitu Bagian 1 membahas tentang dunia ritel. Bagian ini merupakan pendahuluan yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai ritel, jenis, dan karakteristiknya. Dijelaskan juga tipe - tipe pembelanja dan situasi berbelanja konsumen yang dapat dipahami sebagai bagian dari upaya menyediakan tempat beraktivitas yang tepat. Bagian 2 membahas tentang strategi desain. Yang menguraikan fase perkembangan awal desain toko hingga desain sebagi bagian daripelaksanaan sebuah strategi bisnis. Di bahas juga desain yang berhubungan dengan strategi bisnis pihak manajemen secara keseluruhan. Bagian 3 membahas desain toko ritel. Membahas tentang manajemen proses desain lebih melihat penyusunan agenda dan kerangka sebuah desain. Fokus utamanya adalah bagaimana strategi dapat terlihat lewat desain suasana yang tepat. Pada bagian ini diungkapkan pula berbagai jenis toko dan strategi desain yang diterapkan. Bagian 4 membahas tentang desaintoko masa depan. DI sini mengutarakan bahwa desain toko masa depan sangat tergantung pada situasi dan kondisi teknologi serta perkembangan sistem informasi yang pesat. Mau tidak mau sistem berdagang juga akan berubah sehingga desain toko ritel perlu disesuaikan.
Tidak tersedia versi lain