Buku Teks
Membaca Tanda dan Makna Desain Komunikasi Visual
Ketika desain komunikasi visual menjadi bagian dari produk kebudayaan massa, maka ia mengemban tugas khusus, yaitu bagaimana upayanya agar berfungsi sebagai penanda visual atas eksistensi kebudayaan bangsa Indonesia dalam konteks peradaban modern. Memahami sebuah tanda dan makna adalah hal yang sangat penting untuk masyarakat pada umunya dan mahasiswa DKV pada khususnya. Hal ini penting dilakukan untuk memperluas imajinasi kreatif, wawasan dan menambah pengetahuan tentang penciptaan atau perancangan serta pengkajian karay DKV. Namun ada yang beranggapan tidak mudah untuk bisa memahami tanda dan makna sebuah karya desain komunikasi visual. Tulisan dalam buku ini mencoba mencari, menemukan dan memahami makna atas keberadaan pesan verbal dan pesan visual pada sebuah karya desain komunikasi visual. Isi buku dibagi dalam 4 bab, BabI Pendahuluan membahas tentang semiotika dan DKV, bab II membahas tentang literasi DKV, bab III membahas tentang semiotik dan bab IV membahas tentag analisis tanda dan makna.
Tidak tersedia versi lain