Tugas Akhir
Kajian Infografis Humor Malesbanget.Com (Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough).
Infografis malesbanget.com merupakan salah satu media desain komunikasi visual yang dipublikasikan dalam website humor malesbanget.com. Infografis sendiri pada umumnya digunakan sebagai media pemberitaan yang menyajikan informasi secara terukur berupa data-data, grafik, diagram, dan peta. Infografis malesbanget.com dikomunikasikan secara berbeda dari infografis pada umumnya.Infografis malesbanget.com memiliki konten remeh-temeh dan dikemas dengan bentuk humor sebagai hiburan. Infografis humor merupakan salah satu produk MBDC Media yang kaya akan politik dan strategi media untuk mencari keuntungan.Adanya politik dan strategi media dalam sebuah teks infografis, maka berbagai permasalahan sosial akan timbul sebagai akibat dari praktik kewacanaan dalam teks. Oleh karena itu diperlukan analisis wacana kritis terhadap teks, praktik wacana serta sosial budaya yang terepresentasikan dalam teks infografis malesbanget.com agar dapat dipahamitujuan dan juga makna dari wacana tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif secara kualitatif. Sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori analisis wacana kritis yang dikembangkan oleh Norman Fairclough. Norman Fairclough menawarkan tiga dimensi analisis, yaitu teks analysis, discourse practice analysis dan sociocultural practice analysis. Setelah dilakukananalisis teks, praktik wacana dan sosial budayaterhadap infografis humor malesbanget.com diperoleh kesimpulan bahwa:teks infografis secara sengaja didistorsikan, distereotipekan informasinya dandigunakan untuk berbasa-basiagar mencapai kesan humor sesuai kepentingan dan ideologi media. Ketika unsur humor masuk dan lebih menonjol dibandingkan unsur komprehensif dari infografis, maka informasi jauh dari nilai edukatif. Wacana dalam infografis humor malesbanget.com sendiri adalah tentang perilaku menyimpang yang mencerminkan gaya hidup bebas masyarakat. Ketika media menawarkan gaya hidup bebas kepada khalayak audience, maka media secara langsung ikut berperan dalam perubahan perilaku, etikadan budaya masyarakat khususnya dalam berkomunikasi dalam dunia siber.Penelitian ini berguna bagi masyarakat agar lebih berhati-hati dan lebih memperhatikan praktik wacana dari sebuah media desain komunikasi visual yang dikomunikasikan melalui media internet.
Tidak tersedia versi lain