Tugas Akhir
Praktik Flute Tingkat X di SMK N 2 Kasihan Bantul Ditinjau dari Teknik Merakit dan Posisi Bermain Flute Jennifer Cluff
SMK N 2 Kasihan merupakan sekolah formal tertua dengan basis musik klasik. Namun sejauh ini praktik pembelajaran flute belum menerapkan konsep baku mengenai teknik merakit dan posisi bermain flute. Meninjau praktik flute di SMK N 2 Kasihan merupakan salah satu cara untuk mengetahui secara pasti bagaimana praktik flute di SMK N 2 Kasihan. Peneliti berharap setelah mengetahui kondisi sosial praktik flute di SMK N 2 Kasihan dapat memberikan saran pada hal-hal yang dirasa kurang. Penelitian ini menggunakan Teknik Jennifer Cluff sebagai kerangka teori, yaitu Teknik Merakit dan Posisi Bermain flute. Teknik Jennifer Cluff ini menekankan 3 hal yaitu Santai, Fleksibel dan Keseimbangan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif triangulasi, yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi pada Siswa maupun Guru SMK N 2 Kasihan. Dari ketiga cara tersebut peneliti memperoleh data yang kemudian dianalisis dengan teknik Klasifikasi, Koneksi dan Deskripsi. Hasil akhir penelitian ini adalah sebuah kesimpulan bahwa teknik merakit dan posisi bermain flute merupakan teknik di luar musikal namun mempengaruhi kenyamanan dan suara yang dihasilkan. Baik guru maupun siswa flute di SMK N 2 Kasihan belum memperhatikan dengan baik pentingnya perakitan dan posisi bermain flute bagi kemajuan musikalitas.
Tidak tersedia versi lain