Tugas Akhir
Analisis Perbandingan Penjarian Antara Grutzmacher Dan Emanuel Feuermann Pada Bagian Pertama “Cello Concerto In A Minor Op.129” Karya Robert Schumann
Pada pembelajaran musik klasik terutama untuk instrumen gesek, teknik permainan sangat mendukung untuk menghasilkan hasil sajian musik yang baik.Sebelum menyajikan sajian musik klasik yang baik, tentunya seorang pemainmusik klasik harus mengerti dan dapat memainkan teknik-teknik pada karya yangakan dimainkan. Oleh karena itu penulis ingin mendalami serta menganalisis salahsatu teknik pemainan pada instrumen gesek yaitu teknik penjarian pada instrumencello. Pada permainan musik yang memakai instrumen gesek seperti violin, viola,cello dan double bass, posisi penjarian menjadi sangat penting dalam menentukanhasil suara dan pengolahan interpretasi musik dalam suatu karya yang dimainkan.Untuk instrumen gesek cello, para pemain cello banyak menemukan persoalandalam teknik penjarian pada instrumen pada saat memainkan atau dalam proseslatihan mandiri mereka. Pada era sekarang ini sudah banyak ditemukan metodemetodedalam bentuk partitur maupun tulisan yang dibuat oleh para editor musikyang berprofesi sebagai instrumentalis maupun komposer yang menanganimasalah dalam proses latihan untuk posisi penjarian pada instrumen gesek.Penulis ingin mempelajari dan mengetahui teknik penjarian dalam memainkaninstrumen cello. Karya yang akan dijadikan bahan analisis penulis adalah CelloConcerto In A Minor Op. 129 bagian pertama karya Robert Schumann. Hal inidilakukan agar karya ini dapat dimainkan lebih baik. Penulis juga akanmembandingkan antara dua penggunan posisi penjarian yang telah dibuat oleh duaorang editor musik yang juga sebagai pemain cello yaitu Emanuel Feuermann dan Friedrich Grutzmacher.
Tidak tersedia versi lain