Tugas Akhir
Analisis Usability Desain Ikon Dalam User Interface Aplikasi Musik Streaming Spotify Terhadap Mahasiswa di Yogyakarta.
Dalam dunia digital, istilah ikon dipakai untuk menunjukan sebuah gambar kecil di layar komputer. Ikon ini ada yang berupa pendekatan similaritas (piktogram), konsep (ideogram), maupun arbitreri (simbol). Ikon berfungsi untuk meringkas informasi akibat terbatasnya ukuran ruang layar dengan mengkomunikasikan kode-kode visual secara satu arah. Sebagai suatu kode visual, ikon bisa saja menimbulkan interpretasi yang berbeda-beda dari pengguna. Dengan itulah ikon perlu memperhatikan bentuk visual yang digunakan. Apabila sebuah ikon di desain dengan memperhatikan kemudahan pengguna dalam mengenali bentuknya dan mampu menginterpretasikan maknanya, maka ikon tersebut berhasil memiliki integritas yang baik antara penanda dan petanda.
Setiap media-media digital yang dioperasikan oleh pengguna harus memiliki usability yang baik. Usability berasal dari kata usable yang secara umum berarti dapat digunakan dengan baik. Usability ikon memiliki tiga parameter, yakni kemudahan pengenalan bentuk oleh pengguna (recognition), efisiensi kegunaan (the efficiency of use), dan kepuasan pengguna (subjective satisfication). Masing-masing parameter dipengaruhi oleh persepsi visual, sedangkan persepsi visual di pengaruhi oleh kognisi dan literasi visual pengguna.
Adapun metode kualitatif digunakan untuk menganalisis data-data kuantitatif dari hasil kuesioner melalui sudut pandang persepsi dan ikonisitas. Tulisan ini membahas analisis terhadap usability ikon dalam user interface Spotify melalui teori ikon dan persepsi.
Tidak tersedia versi lain