Tugas Akhir
Pembelajaran Ensambel Musik Di Sekolah Dasar Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta
Karya tulis ini membahas tentang proses pembelajaran ensambel di SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Metode Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran ensambel musik di SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Data penelitian ini diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi yang kemudian akan di deskripsikan dalam penelitian kualitatif untuk memperoleh hasil penelitian dan semua hasil dari penelitian yang diperoleh akan dicatat sesuai dengan kejadian yang ada di lapangan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran ensambel di SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta disatukan mulai dari kelas III hingga sampai kelas V. Proses pembelajaran ensambel musik masuk kedalam ekstrakulikuler yang dilakukan 1 kali dalam seminggu pada hari Senin dengan alokasi waktu 60 menit setiap minggunya. Proses pembelajaran ensambel dilakukan di ruang kelas V SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta dan pada proses pembelajaran pengajar menggunakan metode pembelajaran umumnya seperti demontrasi, ceramah, diskusi latihan/drill. Faktor yang mendorong dan mendukung SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakara melaksanakan kegiatan ekstrakulikuler ensambel musik adalah motivasi siswa dandorongan keluarga atau orang tua siswa. Penulis memperoleh kesimpulan bahwa proses pembelajaran ensambel musik di SD Bangunharjo Sewon Bantul Yogyakarta menggunakan metode pembelajaran pata umumnya dan pembelajaran ensambel musik di SD Bangunharjo Sewon Bantul tidak berjalan lancar dimana siswa jarang datang latihan dan pemberian alokasi waktu proses pembelajaran sangat sedikit.
Tidak tersedia versi lain