Tugas Akhir
Model Pembelajaran Instrumen Flute Kelas (X) Di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul Yogyakarta
Pengajaran musik di sekolah harus didasari oleh penguasaan pengetahuan dan ketrampilan dalam musik, harus pula mengetahui alasan mengapa siswa harus mendapatkan pengajaran musik, apa yang harus diajarkan kepada siswa tentang musik. Fokus penelitian ini dititik beratkan pada pembelajaran praktik instrumen flute di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul. Penulisan ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Rumusan masalah hanya dibatasi pada proses pembelajaran flute dan kendala apa saja yang dihadapi dalam pembelajaran flute. Kemudian data-data diambil dari proses observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Kemudian proses pembelajaran dilakukan dengan praktik langsung, diskusi dan ceramah. Proses dalam pembelajaran flute meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Persiapan pembelajaran flute yaitu program semester dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kendala dalam pembelajaran yaitu kendala internal dan eksternal. Kendala internal meliputi masih sulitnya siswa dalam membaca ritmis, kurangnya konsentrasi siswa saat praktik, siswa mengobrol pada saat praktik pembelajaran. Sedangkan kendala eksternal meliputi kondisi instrumen yang tidak bagus atau rusak, sering hilang atau ketinggalan buku (partitur) yang diberikan dan kurangnya fasilitas musik stand untuk proses belajar mengajar. Untuk mengetahui hasil dari pembelajaran, dibuktikan pada hasil ujian semester.
Tidak tersedia versi lain