Tugas Akhir
Hobi sebagai Representasi Gaya Hidup
Tugas akhir ini mengangkat tentang adanya fenomena hobi yang pada saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup, yang diwujudkan dalam visualisasi karya seni grafis. Berangkat dari kegemaran penulis melakukan aktivitas di waktu senggang dan melihat fenomena hobi yang saat ini kian marak menjadi sebuah gaya hidup masyarakat lapisan kelas menengah membuat penulis ingin mencoba merepresentasikan kembali, sehingga penulis terinspirasi untuk mengangkatnya sebagai ide dalam berkarya. Hobi merupakan kenikmatan yang memiliki dua sisi, pada satu sisi bisa menguntungkan, namun pada satu sisi lain juga bisa merugikan. Hobi bisa menguntungkan jika memberikan manfaat untuk kehidupan sehari-hari bagi yang melakukannya, tetapi hobi juga merugikan apabila hobi tersebut menjadi sebuah pemborosan sebagai tuntutan hasrat semata. Hal ini menjadi sebuah pilihan yang sering dilakukan oleh lapisan masyarakat kelas menengah dalam menghabiskan aktivitas di waktu senggang. Merepresentasikan hobi, ada berbagai macam
aktivitas yang biasa dilakukan seperti, kegemaran mengoleksi suatu benda, berlibur ke tempat wisata, menambah pengetahuan, mengembangkan keterampilannya secara objektif, atau hanya memenuhi tuntutan hasrat semata. Hal ini yang menyebabkan sekelompok masyarakat kelas menengah merasakan kepuasan tersendiri pada waktu senggangnya, dengan hari-hari yang sudah dihabiskan untuk rutinitas kerja. Hobi di dalam perkembangannya sekarang telah berubah menjadi bagian dari gaya hidup. Gaya hidup merupakan gabungan dari motivasi, kebutuhan dan keinginan yang dipengaruhi oleh kebiasaan di dalam keluarga, kelompok referensi dan kelas sosial. Hal ini menjadikan gaya hidup dapat dibangun melalui hobi atau aktivitas di waktu senggang diluar rutinitas kerja. Cara lain untuk mencerminkan citra diri atau konsep diri, dan percaya bahwa hal ini sebagai penanda untuk diakui keberadaan di dalam lapisan masyarakat kelas menengah. Sehingga
masyarakat kelas menengah terkadang terjebak dalam dinamika sosial ini. Tatanan sosial modern tergantung pada bentuk-bentuk kultural, sehingga kebutuhan sehari-hari tidak bisa dihindari oleh masyarakat kelas menengah sebagai masyarakat konsumsi nyata.
Kata Kunci : Hobi, Aktivitas di waktu senggang, Gaya Hidup, Citra Diri, Masyarakat Kelas Menengah
Tidak tersedia versi lain