Tugas Akhir
Pembelajaran Ekstrakurikuler Paduan Suara Kelas 5 Di SD Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta
Pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara kelas 5 di SD Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta merupakan salah satu ekstrakurikuler dengan minat terbanyak dan selalu stabil setiap tahunnya. Pada ajang perlombaan antar SD se-Kota Yogyakarta, paduan suara SD Negeri Lempuyangwangi Yogyakarta cukup diperhitungkan. Melalui kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara tersebut, penulis melakukan penelitian menggunakan metode kualitatif dengan observasi lapangan yaitu mengamati secara langsung proses pembelajaran tersebutyang bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran paduan suara dan kendala yang dihadapi siswa maupun pengajar. Dalam setiap pertemuan ekstrakurikuler, siswa semakin lama semakin baik dalam menyanyikan nada tinggi, artikulasi, bentuk mulut dan juga interpretasi. Hal ini membuktikan bahwa metode-metode yang digunakan pengajar cukup berhasil, walaupun masih banyak kendala dalam pembelajaran seperti kesulitan bernyanyi di nada tinggi dan pernapasan, belum adanya pembelajaran teori musik pada siswa, serta perlunya ruangan yang lebih memadahi untuk mendukung proses pembelajaran sangatlah dibutuhkan.
Tidak tersedia versi lain