Tugas Akhir
The Blanco Rennaisance Museum : Dimensi Pengalaman Dan Pasca Pengalaman Pengunjung Dari Perspektif Experiental Marketing
Dalam dekade terakhir, museum harus berkompetisi dengan tempat hiburan dan pendidikan lainya. Museum diharapkan memiliki keunggulan kompetitif untuk dapat menarik konsumen. museum harus menarik publik agar dapat bertahan. Oleh sebab itu museum berubah dari berpusat pada koleksi menjadi berpusat pengunjung. museum kini tidak hanya sebagai tempat pendidikan bagi pengunjung tetapi juga tempat yang menawarkan hiburan. Museum menawarkan pengalaman yang seluas-luasnya bagi pengunjung.
studi ini bertujuan untuk mengungkapkan dampak dimensi pengalaman pengunjung The Blanco Rennaisance Museum, Bali dari segi sense, feel think, act dan realate berdasarkan perspektif experiental marketing terhadap dimensi pasca pengalaman pengunjung terdiri dari pembelajaran di museum, kepuasan penunjung, rekomendasi WOM intensifikasi kunjungan dan minat pengunjung kembali. Untuk mencapai tujuan ini diadakan penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian menemukan bahwa pengalaman pengunjung berdampak positif terhadap pembelajaran di museum, rekomendasi WOM, Intensifikasi kunjungan dan minat berkunjung kembali. pengalaman pengunjung yang terdiri dari sense, feel dan think berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung sedang act dan realte tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung
Kata kunci: Experiential marketing, Pengalaman pengunjung, Pasca pengalaman pengunjung, museum.
Tidak tersedia versi lain