Buku Ajar
Animasi Ekspresi Wajah Karakter Virtual 3D: Tinjauan Riset dan Metode Teknologi MOCAP
Tingginya permintaan produktivitas industri animasi di Indonesia menuntut adanya perubahan di sektor produksi. Buku ini membahas ragam riset dan metode teknologi motion capture atau lebih dikenal dengan MOCAP berbasis penanda di wajah manusia untuk mendapatkan informasi mengenai ekspresi wajah dan memetakannya di wjah karakter virtual 3D. Buku ini dibagi dalam 7 bab, yaitu: Bab 1 merupakan pengantar perkembangan teknplpgi anmasi berbasiskan komputer yang mengadopsi perkembangan teknologi, riset dan permsalahan yang dihadapi oleh sektor industri. Bab 2 membahas perkembangan riset dan metodenya. Bab 3 menjelaskan teknologi MOCAP beserta komponen-komponennya. Bab 4 membahas teknik penjejakan fitur penanda dengan metode koherensi temporal. Bab 5 membahas pembentukan area gerak pada wajah dengan otomasi segmentasi berdasarkan lokasi penanda. Bab 6 membahas pemetaan gerak yang dihitung dengan transformasi radial 2D ke 3D guna menghasilkan pembangkitan perubahan acuan gerak per-frame dan bab 7 membahas perubahan bentuk wajah secara linier.
Tidak tersedia versi lain