Tugas Akhir
Pembentukan Identitas Branding Fotografi Pre-Wedding Karya Carol Kuntjoro : Pengkajian Proses Kreatif
Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pembentukan identitas branding
fotografi pre-wedding yang dimiliki oleh Carol Kuntjoro dengan menelusuri
proses kreatif tahapan pembuatan karyanya. Adapun yang menjadi latar belakang
penelitian ini adalah, semakin pesatnya perkembangan dunia seni fotografi,
membuat fotografer harus memiliki ide dan wawasan yang luas agar karyanya
dapat diterima khalayak. Dengan proses kreatif, fotografer dapat menuangkan ide,
gagasan dan daya kreasinya dalam sebuah media foto. Proses kreatif itu sendiri
mempunyai tingkat kontribusi yang tinggi dalam penciptaan sebuah karya foto,
yang tidak hanya memiliki nilai jual, namun juga memiliki esensi jati diri
pembuatnya. Tahap pembuatan karya-pun tidak lepas dari pembentukan karakter
dalam karya foto, yang juga masuk dalam ranah proses kreatif yang merupakan
tahap yang melahirkan identitas branding.Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dan mengacu pada pendapat narasumber dan hasil observasi di lapangan. Fotografer Carol Kuntjoro yang merupakan objek penelitian ini menggunakan kamera berjenis analog dan rangefinder untuk menciptakan karya fotonya.. Dia menanamkan jati dirinya kedalam foto yang telah menjadi ciri khas di dalamnya. Proses editing dan
pemilihan kamera dapat mempengaruhi Carol dalam membuat identitas branding.
Tidak hanya itu, penanaman kepribadian Carol Kuntjoro juga menjadi hal yang
vital dalam pembuatan tiap karyanya dalam hal pembentukan ciri khas. Dia
menyebut dirinya sendiri sebagai fotografer mood yang menangkap emosi
pelanggannya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, Carol memiliki brand dalam fotonya, yakni nuansa monochrome, blur, tidak mengutamakan background dan/atau
kostum serta tata rias, lebih mengutamakan pergerakan dan interaksi objek yang
dibidiknya.
Kata Kunci: Pembentukan Identitas Branding, Proses Kreatif, Carol Kuntjoro.
Tidak tersedia versi lain