Tugas Akhir
Pembelajaran Instrumen Mayor Trombone untuk Siswa Pemula di Smkn 2 Kasihan Bantul (SMM) Yogyakarta
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran mayor trombone di Sekolah Menengah Musik Yogyakarta dan mengetahui efektifitas penerapan metode yang digunakan sudah mencapai hasil yang diinginkan. Populasi penelitian ini adalah guru dan siswa Sekolah Menengah Musik Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi, dokumentasi dan studi literatur. Hasil analisa menunjukkan bahwa pengajaran trombone bagi siswa kelas X semester ke 2 tahun ajaran 2016/2017 dilakukan menggunakan buku dan pengalaman guru, dan penerapan metode pengajaran yang sudah efektif meski masih ada beberapa kendala bagi siswa dikarenakan siswa trombone kelas X adalah siswa pemula.
Kata Kunci: Pembelajaran, Mayor Trombone
Tidak tersedia versi lain