Buku Teks
Works of Game: On the Aesthetics of Games and Art
Permainan dan seni telah berkaitan paling tidak sejak awal abad ke-20, seperti yang dapat dilihat pada penggunaan surealis indah dari Exquisite Corpse dan game lainnya, obsesi Duchamp dengan nilai dan kotak Catur, Fluxus dan beberapa nama - untuk menyebutkan beberapa contoh saja. Selama lima belas tahun terakhir, sintesis seni dan permainan telah mendung bagi para seniman dan gamemaker. Seni kontemporer telah menggambar di set alat videogame, namun tidak menganggapnya sebagai bentuk budaya dengan kemampuan konseptual, formal, dan eksperimentalnya sendiri. Bagi mereka, pengembang game dan pemain fokus pada sifat bawaan permainan dan pengalaman yang mereka berikan, sedikit memberi perhatian pada apa artinya menciptakan dan mengevaluasi seni rupa. Dalam Works of Game, John Sharp menjembatani kesenjangan ini, menawarkan estetika permainan formal yang mencakup kesamaan dan perbedaan antara permainan dan seni. Sharp menggambarkan tiga komunitas praktik dan menawarkan studi kasus untuk masing-masing. "Art Game," yang mencakup artis seperti Julian Oliver, Cory Arcangel, dan JODI (Joan Heemskerk dan Dirk Paesmans) memperlakukan videogame sebagai bentuk budaya populer yang dapat dipinjamkan materi, alat, dan proses yang dipinjam. "Artgames", yang diciptakan oleh pembuat game termasuk Jason Rohrer, Brenda Romero, dan Jonathan Blow, menjelajahi wilayah yang biasanya ditempati oleh puisi, lukisan, sastra, atau film. Akhirnya, "Artists 'Games" - dengan para seniman termasuk Blast Theory, Mary Flanagan, dan kolaborasi Nathalie Pozzi dan Eric Zimmerman - mewakili konsep game sintetis yang lebih sintetis sebagai media artistik. Karya gamemakers ini, Sharp mengemukakan, menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk menciptakan karya seni berbasis game yang memenuhi nilai estetika dan kritis dari komunitas seni dan permainan kontemporer.
Tidak tersedia versi lain