Tugas Akhir
Aksentuasi Warna dalam Penciptaan Fotografi Still Life sebagai Media Promosi Produk Vanilla Leather
Berkembangnya produk lokal menjadi suatu fenomena positif yang ada di masyarakat,
produk-produk baru bermunculan dengan kualitas yang tak kalah dari produk luar.
Vanilla Leather adalah salah satu brand lokal yang ada di Yogyakarta, produk-produk
yang dihasilkan adalah tas kulit dengan bahan kulit sapi pull up atau kulit sapi dengan
kualitas terbaik. Kualitas produk Vanilla Leather tidak diiringi dengan kemasan foto
produk yang bagus sehingga kurang berimbang antara kualitas produk dan kualitas iklan
visualnya. Masalah tersebut menjadi awal timbulnya ide untuk berkerjasama dengan
owner Vanilla Leather dan membuat ulang beberapa foto iklan produk Vanilla, sehingga
bisa terjadi keseimbangan antara kualitas produk dan kualitas iklan visualnya. Pembuatan
foto selain bertujuan untuk membuat ulang iklan visual produk juga bertujuan untuk
pembuatan tugas akhir. Target pasar dari Vanilla Leather adalah para wanita karena
kebanyakan produk yang diproduksi ditujukan untuk konsumen wanita, namun ada
beberapa produk yang bisa digunakan oleh wanita maupun laki-laki. Konsep visual untuk
iklan fotonya menggunakan teknik aksentuasi warna, yaitu adanya kekuatan pembeda
yang ditimbulkan oleh suatu dominasi. Dominasi yang diciptkan pada karya ini
menggunakan dominasi warna, adanya dominasi warna pada background serta properti
dikontraskan dengan objek utama yaitu produk Vanilla Leather sehingga tercipta
aksentuasi warna pada karya tersebut. Tujuan penggunaan aksentuasi warna untuk
menggiring mata audience fokus kepada produk sehingga timbul rasa penasaran terhadap
produk, selain itu penggunaan aksentuasi warna untuk membangun kesan ceria dan
berwarna pada foto karena hal tersebut bersangkutan dengan konsumen wanita yang lebih
menyukai hal yang ceria dan berwarna. Kemasan visual dengan media fotografi pada
iklan produk Vanilla Leather memilih jenis fotografi still life karena bertujuan untuk
fokus kepada objek utama yaitu produk Vanilla Leather.
Kata kunci: Aksentuasi Warna, Fotografi Still Life, Media Promosi, Produk Vanilla
Leather
Tidak tersedia versi lain